Rabu, 21 Januari 2009

Tips untuk memilih software akuntansi

Saat ini ada banyak software akuntansi di pasaran dengan rentang harga dari beberapa ratus ribu rupiah, sampai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bagi pengusaha yang belum pernah membeli software, hal ini tentu sangat menakutkan. Bagaimana Anda tahu harus membeli yang mana? Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memilih sebuah software akuntansi:
1. Belilah software paket (sudah jadi), bukan yang baru akan dibuat. Membuat software membutuhkan waktu yang sangat lama, mahal dan beresiko tinggi.
2. Cek siapa yang membuat software tersebut. Lakukan survei ke kantornya bila perlu? Jangan sampai Anda menggunakan software yang tidak dikembangkan lagi.
3. Cari software yang bisa memberikan solusi atas masalah bisnis Anda. Umumnya software paket tidak bisa 100% cocok dengan bisnis Anda. Peran implementor (orang yang membantu pemasangan software) akan sangat penting di sini. Software yang bagus tanpa didukung oleh implementor yang jago adalah percuma. Ingat, Anda beli solusi, bukan beli software.
4. Pastikan mereka memberikan layanan purna jual yang terjamin. Coba dulu telepon ke hot line support mereka. Rasakan apakah mereka melayani pertanyaan Anda dengan baik? Jangan lupa tanyakan juga apakah mereka akan mengunjungi Anda bila software mereka ada error.
5. Jangan tertipu dengan harga. Prinsipnya adalah: Ada harga ada mutu. Cari tahu apa yang akan Anda dapatkan. Pikirkan secara jangka panjang karena mencari software mirip dengan mencari mitra.



Demikian tips dari saya, semoga tulisan saya bisa menambah sedikit wawasan bagi para pebisnis Indonesia

Oleh:
Mas Agung Sachli - Managing Director Imamatek & Praktisi bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar